PEMKAB BARTIM GELAR RAPAT KONSULTASI PUBLIK RANWAL RPJPD TAHUN 2025-2045

 

Suasana Rapat Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045 di Aula Bappelitbangda Kabupaten Barito Timur, Kamis (7/12/2023).

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar Rapat Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045 di Aula Bappelitbangda Kabupaten Barito Timur, Kamis (7/12/2023). Acara ini dibuka oleh Asisten I Setda Bartim Aripanan P.Lelo, SH mewakili Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj.Bupati Bartim Indra Gunawan menyatakan bahwa penyusunan RPJPD bertujuan memberikan arah dan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membangun kesepahaman, kesepakatan, dan komitmen bersama. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Pemerintahan Kabupaten Barito Timur secara berkesinambungan.

Pj.Bupati menyampaikan bahwa isu strategis pembangunan jangka panjang Kabupaten Barito Timur mencakup berbagai aspek, seperti penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan kemanan publik, dan pelestarian lingkungan hidup.

Visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045 adalah “Barito Timur Menuju Kabupaten Yang Bertumbuh, Adil, Mandiri Dan Berkelanjutan”.

Misi-misi pembangunan yang dirumuskan antara lain mencakup:1. Menciptakan Pemerataan Pembangunan dan Berkeadilan, Fokus pada pertumbuhan wilayah yang merata dan pemberdayaan masyarakat di berbagai kawasan. 2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia: Membangun SDM yang handal dan unggul dari segi pendidikan, kesehatan, dan daya beli. 3. Mewujudkan Pembangunan yang Terbuka, Tertib, dan Humanis: Menjaga kondusifitas masyarakat dengan kondisi aman, tertib, dan tenteram.

Kemudian Mewujudkan Perekonomian Masyarakat yang Berdaya Saing: Fokus pada pengembangan agribisnis, pariwisata, jasa, perdagangan, investasi daerah, dan pengurangan pengangguran. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih dan Adaptif: Meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah dan adaptasi terhadap perubahan,  dan Meningkatkan Daya Dukung dan Kualitas Lingkungan: Memelihara kebersihan lingkungan, melakukan mitigasi bencana alam, dan menjaga sumber daya alam.

Pj.Bupati Indra Gunawan mengajak peserta rapat untuk memberikan masukan dan pendapat guna mendukung terwujudnya visi “GUMI JARI JANANG KALALAWAH”. Rapat Konsultasi Publik ini diharapkan dapat menjadi forum partisipatif dalam menyusun RPJPD Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045.(cak)

Sumber: https://mediacenter.baritotimurkab.go.id/pemkab-bartim-gelar-rapat-konsultasi-publik-ranwal-rpjpd-tahun-2025-2045/

Posted on: December 8, 2023, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *